Pages

Jumat, 07 Juni 2013

Pantai Bandengan Jepara


Lihat nuansa keseruan foto diatasi, pastilah sudah tidak diragukan lagi ini adalah di Pantai Bandengan yang ada di desa Bandengan, kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.
Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Pada musim liburan, seperti kami mengadakan reuni dipantai ini begitu sangat menikmati keindahan pasir putih dan ombak yang bersahabat untuk wisatawan bermain pantai, sehingga tidak aneh kalau pantai Bandengan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.
Nama Pantai Bandengan ada kaitannya dengan salah satu legenda asal usul kepulauan pulau karimunjawa dalam legenda dikisahkan Amir Hasan putra Sunan Muria yang diperintahkan untuk pergi memperdalam dan sekaligus mengembangkan ilmu agama ke Kepulauan Karimunjawa. Ketika sampai di pantai ini, mereka menemukan banyak Ikan Bandeng sehingga wilayah itu dinamakan Desa Bandengan yang lantas pantainya biasa juga disebut sebagai Pantai Bandengan. Pantai ini sebenarnya bernama Pantai Tirta Samudera atau Pantai Tirto Samudro yang merupakan salah satu obyek wisata unggulan di Jepara, kota kelahiran salah satu Pahlawan Nasional R.A. Kartini. Tiket masuknya juga murah yaitu Rp 4000/hari biasa dan Rp 5000/hari libur.
Pantai ini kita cocok untuk liburan family, individu, ataupun bersama teman, sebab selain keindahan pantai dsini juga kita dapat bermain-main seperti berenang, bermain perahu, banana boat, canoe dan permainan lainnya.
Saat mengunjungi tempat ini yang menarik perhatian bagi kami adalah  menyewa perahu dengan harga Rp. 30.000/jam/perahu, terbilang mahal namun kita diberikan pengaman, mungkin sudah termasuk asuransi. Jika kita tidak saat liburan tanggal merah biasanya dapat di nego sewa sampai seharian hehee itu pernah terjadi saat saya tidak sedang liburan. Namun bagi yang suka permainan menantang banana boat bisa jadi andalan.
harga sewa Rp. 30.000/kapal







harga sewa Rp. 25.000/kapal
harga sewa Rp. 40.000/orang
 
Harga sewa Rp. 10.000/buah











Keindahan pasir putih membuat nuansa bermain di tepi pantai pun bisa jadi ide kratifitas kita, seperti yang kami lakukan yaitu dengan melakukan permainan tradisional seperti balap karung, tarik tambang, makan kerupuk, main pasir, dll...
Balap Karung


lingkaran pasir
makan kerupuk













Bermain pasir
tarik tambang















o ya ada yang terlewat jangan lupa kita mengunjungi pulau panjang yang letaknya dekat pantai ini, kita bisa menaiki kapal bersama-sama penumpang lain dengan harga Rp. 10.000/orang/PP selama kira-kira 20 menit. Saat kapal kita sampai di pulai ini terkadang ada orang yang membawa pancing, entah diperbolehkan atau tidak namun saya pernah melihatnya.  Saat kita akan memasuki hutan tropis pulau panjang kita akan dikenakan tiket Rp 3.000/orang.

Sebelum menuju pulau Panjang kita melewati dermaga pantai Bandengan dahulu, baru kita mendengarkan ataupun diarahkan oleh pengelola dermaga Bandengan kapal mana yang akan kita naiki. Sebelum menaiki kapal bisa foto-foto dulu di dermaga pantai Bandengan seruuu....mungkin buat prawed ide bagus juga nich....heheeee

Diatas Dermaga pantai Bandengan

 Setelah ini kita akan menaiki Kapal
Suasana diatas kapal seruuu....dan menjadikan pengalaman berharga....

































Bayarlah tiket sesuai ketentuan guna memperbaiki objek wisata menjadikan lebih baik lagi, semoga wisata Pulau Panjang lebih dikemas lagi dengan baik,,,,penasaran kelanjutannya baiklah....


Didalam Pulau ini kita akan melihat  pohon yang tinggi menjulang serta diselingi perdu dan semak sebagai tempat burung laut berkembang biak. Flora di pulau ini dominasi oleh pohon randu, asam jawa, dadap, serta pinus.
Jangan khawatir di tempat ini juga ada yang berjualan makanan dan minuman, selain itu bagi yang mau ziarah juga bisa, karena disini terdapat makam tokoh islam (seorang guru) Syeikh Abu Bakar
namanya. Terdapat pula mercusuar yang sampai sekarang masih berfungsi untuk memandu kapal-kapal yang mengarungi Laut Jawa. Tempat ini dilengkapi dengan pendopo, masjid, sarana MCK, cafeteria, bahkan ada air barokah yang dipercaya sebagian orang dapat memberikan manfaat, baik kesehatan maupun keselamatan. Setiap tahun sekurang-kurangnya 4x diadakan peringatan (khoul) sehingga pada waktu-waktu tersebut Pulau Panjang dipenuhi para peziarah dan puncak peringatan diadakan bulan Syuro (Muharam).
 Setapak demi setapak kita menelusuri jalan yang dihiasi pepohonan, namun saat kita melihat ke arah kiri jalan ada pohon bakau yang indah yang dikelilingi dengan terumbu karang.
Selesai sudah perjalanan kami di pulau Panjang. Jangan takut ketinggalan kapal, karena kapal yang kita naiki siap menunggu perjalanan kita selama di pulau panjang.
Setelah sampai di dermaga pantai Bandengan, kami akhirnya kembali bermain air,,seruuu kan perjalanan kami. Lihatlah ada foto-foto narsis kami ni selama di Bandengan......



Sudahlah perjalanan kami selesai......
Bagaimana tertarikkah untuk mengunjungi pantai Bandengan dengan beramai-ramai bersama keluarga ataupun sahabat anda???????
Daah sampai jumpa lagi.....sekian dulu semoga ada kelanjutannya lagi

Hm....Lelah.............

Bagaimanakah pengalamanmu setelah mengunjungi objek wisata Bandengan????











2 komentar:

  1. yang mau trip karimun jawa backpekeran bareng , boleh gabung dengan kami, sementara kami ada 5 orang. rencana brngkt kami, karna kami dari jakarta kami berangkat tgl 3 april 2016 . untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak saya :

    Nama : Yusuf
    No : 085717768527

    come and join as brother hehehe

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About